Laporan Rakernas 2023

Puji Tuhan, Rakernas II MPK Indonesia 2023 telah berlangsung tgl 16-17 November, bertempat di Hotel Grand Dafam Signature, Surabaya. Peserta yang hadir terdiri atas 45 orang pengurus MPK dan 97 orang pengurus MPKW, ditambah 45 orang Undangan dan Peninjau.


Acara dibuka oleh Ketum MPK, Bapak Handi Irawan mba.m.com bersama KSB dan Ketua Panitia Ibu Ayoe Tahalele, didampingi Bapak Pdt. Gomar Gultom(Ketua Umum PGI), Bpk Mayjen.(Purn) Christian Zebua (Dewan Kehormatan MPK), Bapak Ir. David Tjandra (Badan Pengawas MPK), Bpk.Pdt. Alex Letlora D.Th, dan Kepala Dinas Pendidikan kota Surabaya Bpk. Ir. Yusuf Masruh. M.M.


Di acara Sidang II, diresmikan pengembangan/pemekaran kepengurusan 3 MPKW Baru yaitu MPKW Kalimantan Utara dan MPKW Riau, Yayasan yang difungsikan sbg MPKW Sumatera Barat.

Juga dilakukan Penerimaan 21 Yayasan Pendidikan Kristen yang menjadi anggota MPK yang baru, sehingga total sampai saat ini ada 413 Yayasan yang terdaftar dalam keanggotaan MPK Indonesia.

Dilakukan juga penandatanganan kerjasama (MOU) dgn 4 Mitra Baru MPK yaitu Penerbit Intan Pariwara, Sokrates, ACSI dan Asa Baru Indonesia (New Hope International).


Dalam Laporan Program Kerja MPK 2023 Pak Handi melaporkan berkat Tuhan yang begitu berlimpah yang patut kita syukuri dalam pelayanan MPK di tahun 2023, diantaranya Penambahan Pengurus MPK sehingga total menjadi 51 org, meeting bulanan yang berjalan dengan konsisten, Penambahan staf MPK menjadi 7 orang karyawan purna waktu, Program Kerja 5 bidang yang boleh terselenggara dengan baik, dan utamanya terselenggaranya dua acara besar Koordinasi Nasional Maret 2023 di UPH, Karawaci Tangerang (hadir lebih dari 300org) dan Konferensi Nasional 25-26 Juli 2023 di Penabur International School, Kelapa Gading (hadir 600 org) dari Yayasan Pendidikan Kristen, Sinode, Perguruan Tinggi Kristen, STT, Lembaga Pelayanan, Dunia Usaha dan Pemerintah untuk berkolaborasi menuju Transformasi Sekolah Kristen, berhasil dibentuknya Task force 3T(Terpuruk, Tertinggal dan Terlupakan) sbg follow up dari Konfernas untuk membantu bangkitnya Sekolah-Sekolah Kristen tipe D dan E, Iuran anggota MPK yang naik lebih dari 20%, dan Brand MPK yang semakin dikenal dengan banyaknya undangan dari Pemerintah (Kemendikbud, Kemenag), Sinode Gereja, Yayasan dan Mitra Lembaga Pelayanan Kristen Lainnya.


Selanjutnya dipresentasikan 51 Program Kerja 5 Bidang dan Presentasi 3 Taskforce MPK kepada semua pengurus MPKW dengan tujuan semua pengurus MPKW bisa mempromosikan/menggunakan semua program MPK tersebut untuk memajukan Yayasan/Sekolah2 Kristen di wilayahnya.


Acara dilanjutkan dengan Diskusi Bidang (dibagi 3 ruangan) untuk pendalaman program, tanya jawab dan kolaborasi dengan Pengurus MPKW. Setelah itu dilanjutkan dengan Presentasi Program Kerja MPKW 2024 dari 23 Pengurus MPKW, sekaligus perkenalan 3 MPKW baru yang dibentuk tahun ini.


Acara diakhiri dengan rencana MPK meluncurkan Hari Sekolah Kristen Indonesia - 17 Jan 2024, agar supaya mendorong lebih banyak lagi perhatian Sinode, Pemerintah, Yayasan, Dunia Usaha dan Lembaga Kristen lainnya terhadap kemajuan Sekolah Kristen di Indonesia.


Juga diumumkan beberapa acara penting yang akan diadakan di tahun 2024, diantaranya :

1.Ibadah Natal bersama PGI dan MPK, yang rencananya akan diadakan Jumat 12 Januari 2024 di Kantor Pusat PGI, Jakarta untuk mempererat hubungan PGIW dan MPKW, 

2.Konferensi Nasional Pendidikan PGI dan MPK 2024, 23-24 Juli 2024

3. Rakernas III MPK, bulan November 2024 di Bandung dengan tuan rumah MPKW Jabar.


Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar2nya kepada Panitia Rakernas, Ibu Ayoe dan team, Pengurus MPKW Jawa Timur selaku tuan rumah, sehingga acara Rakernas ini bisa berlangsung dgn baik dan lancar.


Akhir kata, kiranya dua hari acara Rakernas yang begitu padat dengan laporan kerja, diskusi2 program yang beranekaragam, kebersamaan pengurus dlm rapat bahkan di meja makan, membawa optimisme kepada kita, bahwa Tuhan sedang bekerja untuk membangkitkan begitu banyak anak-anak Tuhan untuk menggarap ladang pelayanan Sekolah Kristen yang Tuhan percayakan. Doa kita Rakernas ini bisa membangkitkan Sekolah2 Kristen, sesuai dengan Tema Rakernas II : "Yayasan Tangguh, Sekolah Kristen Bertumbuh".


Soli Deo Gloria.



Handi Irawan, MBA., M.Com

Ketum MPK Indonesia


di dalam News
Administrator 24 November 2023
Share post ini
Label
Blog-blog kami
Arsip

Kolaborasi Nyata untuk Transformasi Sekolah Kristen